Create a Joomla website with Joomla Templates. These Joomla Themes are reviewed and tested for optimal performance. High Quality, Premium Joomla Templates for Your Site

Menghitung peluang bisnis bimbel

Manajemen Artikel : Ini Bedanya Coach Dan Motivator
Februari 29, 2016
Capai Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen, Investasi Perlu Tumbuh 8,8 Persen
Maret 31, 2016

Menghitung peluang bisnis bimbel

Keberadaan jasa bimbingan belajar bagi siswa sekolah kini telah menjadi sebuah kebutuhan di tengah tuntutan nilai akademik di sekolah yang kian tinggi. Itu sebabnya bisnis bimbel tetap bermunculan. Salah satunya Bimbingan Belajar (Bimbel) Modern Plus di Tangerang. Telah berdiri lebih dari 10 tahun, pada tahun 2012 Bimbel Modern Plus menawarkan diri untuk membuka peluang kemitraan usaha.

Arul Adyan, pemilik Bimbel Modern Plus mengatakan, bimbel ini menawarkan berbagai program mulai baca tulis dan hitung (calistung) bagi siswa pra TK, TK, dan SD hingga bimbel pelajaran hingga SMA. Saat ini total gerai ada 32 cabang, sepuluh diantaranya merupakan milik pusat dan selebihnya milik mitra. Lokasi mitra tersebar di Tangerang, Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Depok, dan  Surabaya.

Terdapat beberapa jenis program kemitraan, yakni mitra aktif, mitra aktif plus, mitra pasif dan mitra pasif plus. Perbedaan antara mitra aktif dan pasif terletak pada pihak yang menjalankan bisnis. Mitra aktif akan menjalankan manajemen, sedangkan mitra pasif memberikan kuasa kepada pusat. Nilai investasi untuk mitra aktif senilai Rp 35 juta dan mitra aktif plus senilai Rp 67 juta.

Khusus untuk program mitra pasif, pusat mengenakan biaya jaminan. Biaya tersebut akan dikembalikan jika di akhir kontrak kemitraan selama lima tahun berakhir. Biaya jaminan mitra pasif sebesar Rp 35 juta dan mitra pasif plus sebesar Rp 75 juta. Tiap bulan program mitra pasif akan dikenakan biaya Rp 15 juta untuk operasional.

Jika kontrak habis, maka mitra hanya dikenakan biaya operasional sebesar Rp 1,5 juta untuk mitra aktif dan Rp 3,5 juta untuk mitra pasif. “Perbedaan paket plus dan tanpa plus untuk membedakan fasilitas terkait pelatihan dan pendampingan,” ujar Arul.  Untuk program mitra tanpa plus, pelatihan dan pendampingan hanya di awal. Sedangkan program mitra aktif plus dan pasif plus, pelatihan dan pendampingan akan dilakukan satu tahun.

Cermati pasarnya

Dari semua paket investasi mitra akan mendapat pelatihan, promosi, modul, karyawan administrasi, tenaga pengajar, promosi dan manajemen. Tempat sekaligus interior ditanggung oleh mitra lewat proses survei. Minimal, mitra harus menyediakan tiga kelas berkapasitas 10 siswa dan sebuah ruangan administrasi.

Arul menerapkan sistem bagi hasil. Untuk mitra aktif sebesar 5%, mitra aktif plus 10%, mitra pasif 20% dan mitra pasif plus 40%. Biaya bimbingan belajar dibanderol mulai Rp 3 juta−Rp 17 juta per tahun. Estimasi omzet sekitar 25 juta−50 juta tiap bulan. Target maksimal balik modal sekitar 1,5 tahun.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) berpendapat, bisnis ini memiliki target pasar yang luas dari TK hingga SMA. Calon mitra harus mencermati bagaimana pusat mengelola tenaga pengajar karena berbanding lurus dengan penambahan jumlah siswa. Selain itu juga cermati mengenai kualitas tenaga pengajarnya.    n

Bimbel Modern Plus
Jl. Raya Sunan Gunung Jati No. 35, Ciledug, Tangerang.
HP: 081283491888

Sumber : www.kontan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *